Greeneration, Siklus, Dan Lainnya Bincang Soal Solusi Sampah Laut Dari Kacamata Bisnis

Greeneration Foundation melalui proyek Citarum Repair yang berkolaborasi dengan Waste4Change dan RiverRecycle mengadakan webinar dengan tajuk “Ventures to Prevent Plastic Pollution Toward The Ocean”.

Hari pertama Webinar Citarum Repair dengan sub-tema “Penanganan Persampahan di Sungai Oleh Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Industri” telah terlaksana pada Selasa (23/10).

Selesainya webinar hari pertama, membahas tentang permasalahan sampah yang masih terus digaungkan, dan menegaskan bahwa kolaborasi seluruh pihak adalah bagian yang penting.
Webinar hari kedua hadir dengan sub-tema “Potensi Green Business di Masa Depan Untuk Pengurangan Dampak Masalah Plastik.”

Siklus menjadi salah satu dari tiga bisnis yang digandeng dalam acara ini.Pada kesempatan tersebut, Jane Marlen Von Rabenau, selaku CEO Siklus, memberikan pandangannya tentang green business sebagai solusi dari masalah sampah plastik.

“Siklus hadir membawa perubahan yang dapat memudahkan pelanggan untuk tidak menghasilkan sampah plastik, yaitu dengan datang ke tempat pelanggan, melakukan proses isi ulang, dan pastinya tidak menambah sampah,” jelas Jane.

Green business dianggap menjadi solusi dengan menerapkan model bisnis yang mempertimbangkan aspek lingkungan. Namun, tidak bisa dipungkiri green business juga masih berorientasi profit.

Dalam hal ini, Siklus berusaha menemukan titik kuncinya, yaitu dengan menjadikan fokus ‘lingkungan’ pada bisnis menjadi nilai yang menguntungkan.

Laksamana Sakti, Head of Operation Siklus juga menjelaskan bahwa green business harus hidup dengan memiliki impact pada masyarakat umumnya.

“Green business adalah solusi dari masalah masyarakat, sehingga masyarakat mau membayar untuk mendapatkan solusinya,” pendapat Laksamana.

Meskipun tidak lepas dari tujuan profit untuk bertahan dalam jangka panjang, namun, tujuan utamanya tetap untuk kebutuhan masyarakat. Hal ini jualah yang diterapkan oleh Siklus.
“Masalah sampah plastik ini juga menjadi fokus dari Siklus,” tegas Laksamana.

Patinya, green business tidak bisa berdiri sendiri Butuh dukungan dan pemahaman masyarakat. Hal ini akan berdampak langsung pada pejalanan green business.
Akhir acara, Vanessa Letizia, Eksekutif Direktur Greeneration Foundation, menutup acara dengan harapan rangkaian webinar yang sedang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

“Semoga melalui acara ini kita dapat memberikan ide dan gagasan untuk menciptakan kolaborasi agar masalah sampah plastik bisa sesuai dengan tujuan kita bersama,” tutup Letizia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengantarkan Perubahan pada Setiap Isi Ulang

Siklus mengantarkan isi ulang untuk produk rumah tangga tanpa kemasan plastik langsung ke rumahmu! Mulai isi ulang kebutuhanmu #TanpaPlastik sekali pakai!
ORDER NOW
Mengantarkan Perubahan pada Setiap Isi Ulang

Mulai isi ulang tanpa plastik sekarang!